Amazon MP3 Clips

Sabtu, 30 Juli 2011

PASUKAN BERANI HIDUP GURU SMP N 1 SUMBER

http://tripwow.tripadvisor.com/tripwow/ta-026c-25e6-e24f?fb=1&st=fb_c_1312040742_me
Lihat Photo Perang klik diatas!
Inilah pasukan berani hidup yang terdiri dari pleton kurus dan pleton begang. ternyata pleton kurus menang walau agak tidak fair. Yang udah ketembak gak berani ngaku begitu kata salahsatu prajuri Agus Komarudin  dari  Pleton yang dikomandani Kapten Supyani. Dengan pasukannya yang teridiri dari: Sriwaci, Tuti, Ihers,Yuyun,Karim, Muizudin, Agus Komarudin. Sedangkan dari Pasukan Hitam/Kurus yang dikomandani Kapten Taufikurohman. dengan pasukannya terdiri dari: Aris Maryani, Adrianti, Ubed, Hendar, Ade, Teti, Aris Herlina, dan dua prajurit bayaran dari negara bagian. Perangpun berlangsung seru dan diakhir peperangan sempat terjadi adu tembak jarak dekat. Satu prajurit dari pleton gemuk tersisa namu namun sayang kehabisan peluru dan akhirnya menyerah. Dengan menyerahnya prajurit Agus Komarudin maka kalahlah pleton gemuk/putih pimpinan Supyani.

SMP N 1 Sumber menggondol 3 Piala

Slideshow 1. http://tripwow.tripadvisor.com/tripwow/ta-023f-0b10-ccea?fx=1&st=fb_k_1310546862
http://tripwow.tripadvisor.com/tripwow/ta-023f-0b10-ccea?fx=1&st=fb_k_1310546862
Slideshow 2 
http://tripwow.tripadvisor.com/tripwow/ta-023b-8008-47f6?fx=1&st=fb_k_1310442632
Lihat Photo Klik diatas!
SMP N 1 Sumber menggondol tiga piala diajang lomba Apresiasi Bahasa, Sastra, Seni dan Aksara Daerah tingkat Kabupaten Cirebon 2010. Raihan piala itu meliputi juara 1 Pasanggiri Biantara atas nama Meygsi Aldian kelas 9A. Vinny Novianti Kelas 9-D juara 1  Maca Berita, dan Prabuning juara 3 Nembang Pupuh.

Jumat, 29 Juli 2011

Rangkman Hasil IHT SMPN 1 Sumber 2011

Pembicara: Drs Kusnadi Muamarto, MM. (Kepala Dinas Kabupaten Cirebon)
Guru harus selalu berubah: artinya guru harus ada perkembangan lebih baik dalam pembelajaran maupun ilmu.
Tugas Guru
1) mendidik
2) mengajar
3) melatih
4) mengarahkan
5) mengevaluasi
* mendidik: memanusiakan anak manusia
* mengajar: membuat siswa susah belajar
* melatih: melatih siswa dari tidak bisa menjadi bisa
* mengarahkan: memberi arahan kepada semua siswa dalam prilaku agar tidak menyimpang dari agama, norma, etika, budaya.
* mengevaluasi: memberikan penilaian kepada seluruh siswa secara: adil, berkesinambungan, transfaran, teruji, berkelanjutan.
Kurikulum: Sepernangkat rencana dan pengaturan rencana.
ada lima hal yang perlu diperhatikan.
1. Konteks (isi  mata pelajaran)
2. Pendekatan Metode Teknik
    - discovery
    - inkuiri
     - ruleplay
3. Saran
4. Evaluasi
5. Tujuan

Ketika mengajar seorang guru minimal 5 yang harus dibawa:
1. Daftar Hadir
2. Daftar Nilai
3. RPP (Buatan sendiri)
4. Buku Sumber
5. Buku Kemajuan Siswa
 Ada empat sipat karakter guru.
1. Mempunyai kemampuan dan kemauan yang tinggi
2. Mempunyai kemampuan tinggi tapi kemauan yang rendah.
3. Mempunyai kemampuan rendah tapi kemauan yang tienggi
4. Mempunyai kemampuan rendah dan kemauan tinggi.
Ada tiga hal agar bisa menjadi guru yang baik
1. Melaksanakan tugas dengan tulus dan ikhlas
2. kuasai bidang ilmu yang diampu.
3. Setiap pekerjaan jangan diuukur dengan materi

Pemateri: Muizudin, S.Pd.,M.Pd.


PANDUAN PRAKTIS MEMBUAT E-LEARNING
INSTALASI ELEARNING DENGAN CLAROLINE

  1. INSTALASI WEB+DATABASE SERVER MENGGUNAKAN XAMPP
 Claroline adalah sebuah software yang digunakan untuk membuat modul dan sekaligus soal-soal online baik dalam skala intranet (lokal) maupun internet (luas). Ada terdapat beberapa keuntungan dengan claroline dibandingkan dengan beberapa program lain, diantaranya :*) programnya ringan, *) gratis, *) bisa di windows/linux, *) operasionalnya mudah *) dan beberapa kemudahan lainnya yang akan anda ketahui setelah menjalankan dan mempraktekkannya sendiri.
Langkah -langkah yang harus dilakukan adalah :
Lakukan  extraks file xampplite dengan cara double clik. Arahkan ke drive D:

Jika berhasil akan muncul folder xampplite :



Double klik pada folder tersebut kemudian klik xamp control untuk menjalankan server.
Klik start pada apache dan Mysql. Server akan berjalan normal apabila muncul pesan Running pada ke dua server.
Untk mencoba server berjalan dengan baik dapat membuka browser (IE atau mozilla)
Ketik pada address bar : localhost
Ekstrak claroline 198 ke direktori D:\examplite\htdocs\
Secara default untuk melakukan instalasi ketika pada address bar alamat berikut:
Atau bisa diganti dengan nama sekolah masing-masing.
Klik next untuk langkah selanjutnya, secara default bahasa untuk pengantar instalasi menggunakan bahasa Inggris.
Klik next untuk menyetujui aggrement/ lesensi claroline sebagai oper sorce.
Klik next untuk requirement.
Isi setingan database user dan pasword. Untuk sistem disini tidak perlu dirubah alias klik next untuk selanjutnya.
Lakukan perubahan nama database untuk menghindari duplikasi misal : namasekolah_db (tanpa spasi).
Langkah berikutnya adalah menentukan login dan pasword  untuk administrator untuk saat ini gunakan user : admin, pasword : admin. Apabila menggunakan login yg lain tolong haris di catat untuk menghindari lupa pasword !!!!!

Tentukan nama e-learning yang akan digunakan masing-masing sekolah, misal : PUSAT SUMBER BELAJAR DAN EVALUASI. Bahasa yang akan digunakan bisa diganti dengan bahasa Indonesia.
Pada langkah ini bisa memasukkan nama institusi masing-masing sekolah berikut url atau alamat di internet atau di intranet.
Langkah terakhir masih diperingatkan untuk prin out. Apabila yakin dengan semua setingan maka bisa langsung install claroline.
Sebelum melanjutkan menggunakan elearning ini anda diminta untuk menghapus folder Install pada htdocs/claroline198/claroline/ atau di folder nama sekolah masing-masing.
Instalasi sukses….
Tampilan depan claroline selesai dilakukan.
Ketikan nama login untuk mulai memanajemen elearning ini.
Edit tampilan depan untuk menentukan nama/identitas sekolah masing-masing dengan cara klik edit text zone.
Lakukan editing masing-masing kategori untuk menentukan mata pelajaran atau rumpun mata pelajaran atau tingkat kelas.
Klik ikon pensil pada edit.
Hasil perubahan kategori seperti dibawah ini.
Untuk membuat mata pelajaran atau kompetensi dasar klik klik buat situs mata kuliah.
Isikan nama mata pelajaran yang akan dimanajemen oleh guru.
Pada satuan pelajaran terdapat beberapa modul standar yg ini bisa dipake semua atau bisa dikurangi sesuai kebutuhan.
Untuk mengisi masing-masing modul terdapat pesat “not allowed”, hal ini ada yg harus diubah pada file php.ini. lokasi file ini bisa di search pada folder xampplite : ketikan php.ini.
Kemudian buka file tersebut bisa menggunakan notepad atau phpedit.
Cari tulisan : arg_sparator dengan find (atau  ctrl + F) ketik pada find : arg_
Jika sdh ketemu tambahkan ; (titik koma) di depan tulisan tersebut kemudian simpan.
Untuk melanjutkan kerja harus melakukan restart server. Klik ikon xampp di sisi kanan bawah monitor.

Klik stop pada apache dan mysql kemudian klik start kembali.
Tampilan portal elearning
Keterangan :
  1. Deskripsi mata pelajaran : membuat deskripsi
  2. Agenda : kegiatan / planning pelajaran
  3. Pengumuman
    cara membuat pengumuman
    -  klik tombol pengumuman
    - klik tombol tambah pengumuman
  4. Dokumen : upload materi pelajaran ke server dalam bentuk file
    cara upload dokumen :
    klik dokumen è klik upload file ke server èbrowse file yg akan diuplaod  (dari dokumen)è OK
  5. Membuat tugas dan siswa mengumpulkan tugas dalam bentuk file
    klik tombol tugas è klik buat tugas baru è isi form lengkap dengan batas akhir pengiriman.
  6. Membuat Ujian
    untuk membuat ujian klik tombol Ujian
kemudian klik ujian baru

Ketik nama ujian

Kemudian klik langkah Advanced (opsional) akan muncul tambahan tampilan :
Setelah semua ditentukan kemudian klik OK
Untuk mengetik soalnya klik “buat pertanyaan  baru”
Tampilan pilihan soal :
Keterangan :
1. Judul : perihal titik berat soal
2. Deskripsi : Soal utuh
3. File terlampir : jika dlm soal ada gambar yg disertakan
4. Macam jawaban : model jawaban yg digunakan, untuk pilihan ganda biasa, bisa dipilih yg pertama.
5. Klik OK

Keterangan :
-          Beri cek untuk jawaban yang benar
-          Bobot isi skor per jawaban
-          Klik +jawaban untuk menambah pilihan jawaban.
Ingin lebih jelas hubungi: Muizudin, S.Pd.,M.Pd.
(PKS Kurikulum SMPN 1 Sumber)
SELAMAT MENCOBA

Selasa, 19 Juli 2011

Ngaregepkeun Guneman Materi VII

Ringkasan materi Paguneman
Nu dimaksud guneman teh nya eta sarua jeung percakapan. 
Hal-hal nu kudu dipeerhatikeun dina paguneman/percakapan nya eta:
1. titenan eusi carita kalawan taliti kanggo mikawanoh inti carita.
2. tuliskeun hal-hal nu dianggap penting, upamana saha nu minton keun kumaha watek lalakon.
Rarangken tukang -an
Rarangken tukang -an bisa ngawangun kecap:
a. Barang, nu hartina:
1) tempat, contona: gantelan, gantungan, cantelan, cangkokan, tikungan.
2) parabot, contona: timbangan, meteran, takeran, kiloan, catokan. 
b. Pagawean nu hatina:
1) make, contona: bedakan, bajuan, bungkusan, pitaan, antingan.
2) jadikeun, contona: luhuran, gedean, liangan, bolongan, alusan, garisan.
c. sipat, nu hartina: ngabogaan sipat
Conto: geumpeuran, gehgeran, wanian, borangan, daekan, aleman, geeran.
d. bilangan, nu hartina kumpulan
Contona: reaan, opatan, komplotan, gorombolan, riungan, Sundaan, Cirebonan.
Rarangken Tukang -keun
Ngawangun kecap pagawean nu hartina nitah.
Contona: siapkeun, lempengkeun, bengkokeun, bawakeun, ciptakeun,berskeun, bersihkeun.
Rarangken Tukang -na
gunana rarangken tukang -na ngawangun kecap:
a. barang nu hartina milik (bobogaan)
Conona: pipina, saungna, imahna, pacabakanna.
b. bilangan, nu nuduhkeun bilangan poe
Contona: tiluna, tujuhna, opat puluhna.
Rarangken tukang -an dina ngawangun kecap rundayan robah jadi -nana, lamun nyanghareupan kecap nu miboga wangun dasar dua engang.
Contona: duanana, tiluanana.
Rarangken tukang -an oge bisa robah jadi -ana lamun dikantetkeun jeung kecap anu ngabogaan ahiran. -eun jeung -an
Contona: hareupeunana, sagigireunana, tujuhanana, kabehanana, 
Latihan Soal Pilihan Ganda
1.  Nu paguneman dina buku paket Galura basa kaca 1 nya eta....
     a. Bagja jeung Ahmad        b. Ganjar jeung Ahmad
     c. Ahmad jeung Soni          d. Ganjar jeung Soni
2.  Tempat gunem caturna di....
     a. sakola                             b. imah
     c. musola                            d. terminal
3.  Eta gunem catur teh dina acara....
     a. perkenalan di sakola anyar       b. perpisahan kelas tilu
     c. kagiatan eskul                          d. di imah
4.  Saha nu diwawancara dina paguneman kaca tilu?
     a. Dr Ropiah         b. Kartika     c. Ahmad          d. Bagja
5.  Tos sabaraha taun Dr Ropiah janten dokter?
      a. dua puluh taun kurang           b. dua puluh taun leuwih
      c. sapuluh taun kurrang             d. dua puluh taun pas
6.   Resep pelajaran naon Ibu Dokter teh....
      a.  biologi            b. fisika            c. kimia           d. bahasa Inggris
7.   Di handap conto rarangken tukang  -an nu hartina tempat , iwal....
      a. timbangan        b. gantungan         c. tikungan          d. luhuran
8.   Kecap bedakan, bajuan, sapuan mangrupa rarangken -an 
      nu hartina....
      a. tempat         b. jadikeun       c. make        d. parabot
9.   Pilih rarangken -an nu hartina ngabogaan sipat!
      a. gehgeran, borangan, wanian.
      b. bedakan, bajuan, sapuan
      c. reaan, lobaan, opatan.
      d. timbangan, meteran, kiloan
10.  Rarangken keun di handap bener, iwal.....
       a. siapkeun        b. lempengkeun         c. bawakeun           d. bikeun
11.  Rarangken tukang -an bisa ngawangun kecap, iwal.....
       a. tempat                    b. make                  c. bilangan        d. sulur
12.  Rarangken tukang -na nu ngawangun kecap barang nu hartina milik
       nya eta.....
       a. pipina       b. tiluna        c. opat puluhna              d. kabehna
13.  Rarangken tukang -an robah jadi -ana upama dikantetkeun jeung 
       kecap nu....
       a. ngabogaan dua engang         b. ngabogaan ahiran -an jeung eun
       c. ngabogaan opat engang       d. ngabogaan rarangken keun
14.  Di handap conto nu make rarangken tukang -nana, iwal....
       a. tiluanana       b. hareupeunana       c. bawaeunna         d. pipina
15.  Nu ngandung rarangken -nana nya eta.....
       a. duanana, tiluanana           b. bajuna, imahna
       c. alusna, benerna               d. tukaengunana, sagigireunana


Ngaregepkeun Biantara/Hutbah Kls IXA

Ringkasan Materi
Biantara atawa pidato sok disebut oge orasi nya eta nyarita dihareupeun jalma reanu miboga tujuan maksud nu geus tangtu.
Hutbah ilahar disebut biantara, nyarita hareupeun jalma rea. Eusi hutbah biasana mangrupa nasehat, anjuran, wejangan jst. keur balarea. Di masjid hutbah ditepikeun ku hotib samemeh sholat juma'ah. atawa sabada sholat lebaran. Dina hutbah biasana aya dua; 1) hutbah kahiji: eusina mangrupa bubuka, salam, muji sukur, solawat, maca ayat Al-Quran atawa hadist, jeung wasiat taqwa. Sedngkeun hutbah kadua: bubuka meh sarua jeung hutbah kahiji, eusi, atawa kacindekan tina hutbah kahiji. Panutup ngawengku pangdunga jeung salam panutup.
Latihan Soal
Pilihan Ganda
1. Kagiatan biantara nu aya dina Buku paket dilaksanakeun dina kagiatan....
    a. Pasanggiri       b. Paturay tineung       c. hardiknas       d. pentas seni
2. Nurukeun eta biantara pasanggiri nu baris dilaksanekun teh diantarana, iwal....
    a. baris berbaris         b. basket             c. maraton         d. PMR
3. Pasanggiri nu diiluan ku budak lalaku wungku nya eta.....
    a. maraton 8k & maenbal           b. baris berbaris
    c. voli bal                                   d. basket
4. Nu muka kagiatan Pasanggiri teh nyaeta....
    a. Ketua Komite Sekolah             b. Kepala Sakola
    c. Ketua Osis                               d. Pembina Osis
5. Nu biantara nu biantara teh nya eta....
    a. Wawakil panitia                 b. Kepala sakola
    c. Pembina Osis                    d. Guru Olahraga
6.  Hutbah nu aya dina buku paket Galura Basa teh dina raraga ....
     a. Idul Adha          b. Idul Fitri             c. Jumaahan        d. Isro Mi'raj
7.  Maksud nu hayang ditepikeun dina eta hutbah nya eta, iwal....
     a. kasabaran jeung kasatiaan                 b. bela kanu jadi indung jeung anak
     c. kataatan, kataqwaan jeung kaihlasan d. kasehatan jeung kaimanan.
8.  Eusi hutbah kahiji nya eta....
     a. hikmah Idul Qurban                          b. kacindekan Idul Qurban   
     c. dua panutup                                      c. hikmah Idul Fitri
9.  Nu dimaksud biantara teh sarua jeung....
     a. pidua           b. pidato           c. bewara         d. pasanggiri
10. Eusi Hutbah biasana mangrupa, iwal....
      a. nasehat     b. wejangan      c. anjuran           d. pengumuman
11. Hutbah biasana dilaksanekeun di....
      a. masjid          b. kelas           c. aula          d. gor
12. Robbana taqobbal minna innaka anta tawwabur rohim.....
      mangrupa doa....
      a. bubuka hutbah jumaah           b. bubuka hutbah Idul fitri
      c. doa panutup Idul Adha          d. doa bubuka Isra Mi'raj
13. Bedana pidato jeung hutbah paling katingali nya eta....
      a. eusina jeung tempatna             b. pesertana
      c. bahasana                                d. carana
14. Hutbah kadua mah biasana eusina mangrupa ....
      a. bubuka                 c. doa, kacindekan jeung panutup
      b. materi  pokok       d. Ajakan pikeun taqwa
15. Di handap istilah-istilah nu hartina ampir sarua jeung biantara nya eta,
       iwal.....
      a. orasi              b. pidato           c. hutbah             d. bewara
16. Harti istilah organisasi di handap bener, iwal....
      a. pupuhu: ketua/pingpinan organisasi   
      b. girang serat/sekretaris: nu ngurus jeung ngatur administrasi organisasi
      c. voting: nangtukeun putusan kucara paloba-loba sora.
      d. ais pangampih: nu ngurus patalina jeung duit organisasi
17. Harti istilah gempungan sarua jeung.....
      a. musyawarah/kumpulan        b. pengeumuman/bewara
      c. pasanggiri/lomba                 d. pemilihan ketua
18. Panata harta upama dina bahasa Indonesia mah sarua jeung....
      a. sekretaris           b. ketua         c. bendahara          d. anggota
19. Dina hiji kagiatan pasanggiri biasana aya nu disebut panata calagara.
      Panata calagara hartina....
      a. pangatur acara               b. panitia
      c. dewan juri                     d. notulen
20. Girang Pangajen dina eta pasanggiri teh nya eta seniman,
       sastrawan jeung budayawan Sunda. Girang pangajen sarua jeung....
       a. juri          b. panitia        c. notulen           d. pangatur acara
21. Nu kudu diperhatikeun dina ngaregepkeun biantara nya eta, iwal....
      a. kudu miboga sikep positif
      b. kudu miboga tindakan nu responsif
      c. cegah kamungkinan nu bisa ngahambat proses ngaregepkeun
      d. perhatikeun audien sejen.
22. Biantara nu eusina nepikeun hiji hal atawa program nu tujuanana
      supaya para pamiarsa ngadukung disebut....
      a. biantara provokatif           b. biantara informatif
      c. biantara profagandais       d. biantara edukatif
23. Biantara nu esuina ngan nepikeun hal ka pamiarsa disebut....
      a. biantara provokatif           b. biantara informatif   
      c. biantara profagandais       d. biantara edukatif
24. Kudu miboga sikep positif dina ngaregepkeun biantara,
      maksudna.....
      a. kudu nganggap yen nu biantara teh jalma penting.
      b. kudu nganggap yen nu biantara teh teu penting
      c. kudu nyegah sagala hal nu ngahmbat proses
      d. kudu bisa nyeun ringkesan materi
25. Nu dimaksud biantara langsung nya eta....
      a. orator nyarita langsung ka pamiarsa
      b. macakeun berita sambutan ti Bupati
      c. macakeun sambutan ti Gubernur.
      d. macakeun sambutan ti Presiden